cover
Contact Name
Rahmita Nurul Muthmainnah
Contact Email
rahmita_nurul@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
fibonacci@umj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 24607797     EISSN : 26148234     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT BAHAN AJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA Nunu Nurhayati
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (856.605 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.2.121-136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia yang efektif dengan perangkat yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan 3-D Thiagarajan, dkk yang terdiri dari define, design, dan develop. Penelitian ini menggunakan tiga sampel kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas ujicoba soal TKKM, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PMRI, dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisa data untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh 3 validator menggunakan instrumen lembar validasi perangkat pembelajaran. Kepraktisan perangkat dinilai menggunakan lembar angket respons mahasiswa, dan lembar pengamatan kemampuan dosen mengelola pembelajaran. Keefektifan dinilai berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang diuji menggunakan uji proporsi, uji gain, dan uji-t, sedangkan uji regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis memenuhi kriteria valid; (2) hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis memenuhi kriteria praktis; (3) pembelajaran matematika realistik Indonesia efektif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. 
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAR MODELLING BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA TEMA BERHEMAT ENERGI Hastri Rosiyanti; Nurbaiti Widyasari
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.273 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.2.111-120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain buku ajar matematika dasar dengan menggunakan teknik bar modelling berbasis pemecahan masalah pada tema berhemat energi. Metode yang digunakan adalah RnD. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Validator yang digunakan dalam mengembangan buku ajar bar modelling adalah validasi ahli bahasa, ahli teknik dan materi, serta ahli desain. Tema berhemat energi dibagi tiga sub tema, yaitu macam – macam sumber energi, pemanfaatan energi, serta gaya dan gerak. Hasil penilaian dari validasi ahli bahasa adalah 7,7; ahli teknik dan materi 9,1; serta ahli desain 7,08. Masing – masing validator menyimpulkan bahwa buku ajar bar modelling berbasis pemecahan masalah pada tema berhemat energi dinyatakan layak uji coba dengan hasil revisi yang diberikan. Setelah divalidasi oleh beberapa uji ahli, buku ajar yang telah direvisi diberikan ke kelas kecil dan kelas besar sehingga buku ajar bar Modelling layak digunakan.
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN CONNETED MATHEMATICS PROJECT (CMP) Junike Wulandari Puteri; Selvi Riwayati
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.223 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.2.161-168

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran CMP dan pembelajaran konvensional. Salah satu tujuan matematika adalah kemampuan menjelaskan keterkaitan antar konsep matematika. Oleh karena itu, kemampuan koneksi matematis peting dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran untuk menumbuh kembangkan kemampuan koneksi matematis siswa adalah dengan memilih model pembelajaran CMP. Pada proses pembelajaran CMP  dilakukan dengan berkelompok dimana siswa akan dituntut untuk bisa menghubungkan materi yang sudah di pelajari dengan materi yang akan dipelajari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 15 Kota Bengkulu yang terdiri dari 5 kelas.  Setelah diambil secara acak terpilih kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan VIII E sebagai kelas eksprimen. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis berupa pretest-posttest dalam bentuk soal uraian. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar   menggunakan model pembelajaran CMP lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Aniyah Aniyah; Apri Utami Parta Santi
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1003.829 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.2.87-92

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih rendah, Karena dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru dan hanya mengerjakan tugas latihan yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya berbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dan Ekspositori. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen (percobaan semu) dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-t diperoleh thitung 5,03 > 19971 ttabel dengan taraf signifikasi α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dan strategi pembelajaran Ekspositori. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa serta peneliti selanjutnya.
PENGGUNAAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING UNTUK ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FIP UMJ Ririn Widiyasari; Mutiarani Mutiarani
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1095.214 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.2.147-160

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja  yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara cara belajar, fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa, serta faktor mana yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 192 mahasiswa (FIP) UMJ angkatan tahun 2013-2015 yang aktif mengikuti perkuliahan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif survey. Metode pengambilan data menggunakan  kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis  Structural Equation Modeling (SEM) berbantuan program LISREL 8.3. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-square dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel cara belajar memiliki kontribusi yang paling besar, selanjutnya variabel kedua yang berkontribusi meningkatkan motivasi belajar adalah lingkungan belajar dan terakhir fasilitas belajar memberikan pengaruh yang paling kecil terhadap motivasi belajar. Jadi, variabel laten cara belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar.
Transformasi Geometri Rotasi Berbantuan Software Geogebra Muhamad Hanafi; Kathrin Nur Wulandari; Rizki Wulansari
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1145.221 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.2.93-102

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk membantu visualisasi dan menemukan konsep pada Transformasi geometri Rotasi di titik Pusat  dengan menggunakan software GeoGebra. Penelitian ini mengulas tentang Koordinat Kartesius dan Polar, dan selanjutntya Transformasi geometri Rotasi di titik Pusat .
MENTAL CALCULATION BERUPA STRATEGI STRINGGING SISWA PADA MATERI PERKALIAN DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI KELAS 3 SD PEKANBARU Reni Wahyuni; Fitriana Yolanda
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.092 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.2.137-146

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memunculkan strategi stringing siswa dalam mengembangkan mental calculation siswa pada materi perkalian di kelas 3 SD di Pekanbaru Riau. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini merupakan penelitian design research dengan melakukan tiga fase yaitu preliminary design, teaching experiment dan retropesctive analysis. Subjek penelitian adalah siswa siswi kelas 3 SD Negeri 55 Pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa terbentuk alur pembelajaran dengan menggunakan strategi stringing dengan konsep berawal dari penjumlahan berulang. Dengan diberikan konteks berupa pesta ulang tahun yang berisikan suatu penempatan pengelompokkan bilangan pada model meja dan kursi memberikan kontribusi kepada siswa untuk memunculkan strategi stringing. 
EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI PROGRAM LINIER Hanim Faizah; Erna Puji Astutik
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.006 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.2.103-110

Abstract

Pemanfaatan media berbasis komputer dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan dalam era komputasi yang berkembang pesat seperti sekarang ini. Hal ini berpengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran yang tepat sehingga dapat memfasilitasi guru dalam menyampaikan pembelajaran. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam menyampaikan materi program linear adalah software GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil uji coba LKS berbantuan software GeoGebra pada materi Program Linier. LKS diujicobakan secara terbatas kepada 6 siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim 2 Taman dan selanjutnya akan dianalisis secara kualitatif berdasarkan hasil kerja siswa, catatan yang diperoleh dari pengamatan langsung selama proses uji coba, dan hasil wawancara mengenai respon guru dan siswa terhadap LKS yang digunakan serta pemahaman siswa pada materi Program Linier setelah mengerjakan LKS berbantuan software GeoGebra. Berdasarkan hasil uji coba terbatas diketahui bahwa LKS efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi Program Linier. Respon siswa terhadap LKS tersebut baik, berdasarkan hasil wawancara diketahui baik siswa maupun guru merasa terbantu dengan adanya LKS berbantuan Software GeoGebra ini serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8